Kamis, 13 Juli 2023

Biaya Produksi dalam Studi Kelayakan

Secara umum unsur – unsur biaya produksi terdiri dari

1. Biaya bahan baku langsung (Direct Material Cost)

Biaya bahan baku langsung merupakan biaya yang dikeluarkan untuk pembelian bahan – bahan pembentuk barang jadi. Biaya bahan baku yang dimaksud disamping pembelian bahan baku juga termasuk biaya – biaya pengangkutan.



2. Biaya Tenaga Kerja Langsung (Direct Labor Cost)

Biaya tenaga kerja langsung merupakan biaya yang dikeluarkan untuk membayar pekerja langsung misalnya mandor dan sebagainya. Upah tenaga kerja menunjukkan sumbangan yang diberikan tenaga kerja kepada produksi. Untuk menghitung upah yang dibayar dibutuhkan pencatatan yang cermat dari:

- Bagian pengumpul data yakni yang menghitung dan mengumpulkan semua waktu yang di pakai untuk          mengerjakan suatu pekerjaan tertentu, produk dan proses.

- Bagian gaji yang menghitung pendapatan kotor dan bersih tiap pekerja.

- Bagian biaya yang membebankan biaya-biaya buruh untuk pekerja, produk dan proses

3. Biaya Produksi Tidak Langsung (Factory Overhead)

Biaya tidak dapat dihitung secara langsung pembebanannya pada produk. Umumnya pembebanan biaya dilakukan sebelum produk dimulai yang disebut predeterminated factory overhead rate. Penentuan biaya produksi tidak langsung bergantung kepada jenis usaha yang dijalankan.Contoh biaya produksi tidak langsung adalah depresiasi, pengeluaran – pengeluaran pabrik dan sebagainya.

Biaya produksi tidak langsung umumnya dihitung dengan metode perbandingan terhadap upah langsung (overhead per upah langsung).

Waktu sebagai faktor biaya

Waktu merupakan faktor biaya dalam proses produksi, sebab besarnya pengorbanan atau biaya dari beberapa alat produksi tergantung dari lamanya suatu alat digunakan misalnya: biaya dari alat – alat produksi tahan lama yang tergantung dari umur ekonomis alat yang digunakan sewa dan lain-lain.

Dengan demikian mempercepat suatu proses produksi merupakan suatu keuntungan dan sebaliknya memperlambat proses produksi dalam kerugian. Dasar waktu yang dipakai untuk menetapkan biaya ini disebut waktu standar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar