Jumat, 07 Desember 2018

Analisis SWOT

Analisis SWOT merupakan salah satu metode untuk menggambarkan kondisi dan mengevaluasi suatu masalah, proyek atau konsep bisnis yang berdasarkan faktor internal (dalam) dan faktor eksternal (luar) yaitu Strengths, Weakness, Opportunities dan Threats. Metode ini paling sering digunakan dalam metode evaluasi bisnis untuk mencari strategi yang akan dilakukan.




SWOT adalah cara evaluasi terhadap keseluruhan kekuatan, kelemahan,peluang,dan ancaman. Analisis lingkungan eksternal adalah peluang dan ancaman. Analisis lingkungan internal adalah kekuatan dan kelemahan. Kekuatan (S) akan membuat perusahaan mampu mengambil kesempatan (O) sedangkan kelemahan (W) akan membuat perusahaan menghadapi ancaman (T). Pemetaan scoring dari analisis SWOT akan menetukan strategi pemasaran apa yang sesuai. Contohnya, bila faktor internal perusahaan sangat kuat sehingga mampu meraih peluang besar maka strategi agresif adalah pilihan yang tepat. Matriks SWOT ditunjukkan pada Gambar berikut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar