Sabtu, 08 Desember 2018

Riset Pemasaran

Sebagai pebisnis Anda diwajibkan untuk mengetahui target pasar yang ingin dituju. Sesuaikan target pasar tersebut dengan produk yang akan Anda produksi. Disinilah awal mula seorang pebisnis akan memulai operasional bisnisnya. Mulai dari produksi sampai distribusi, karena inilah riset pasar. Sebuah penelitan yang akan memberikan kemudahan akan bagaimana produk Anda sampai pada konsumen yang tepat. Menjalankan bisnis tidak boleh asal jalan, Anda harus mengumpulkan data mengenai masalah yang sedang terjadi di masyarakat. Kenapa? Karena dengan hal itu tingkat kerugian Anda akan lebih sedikit. Kabar gembira untuk Anda, karena sekarang riset pasar dimudahkan oleh munculnya teknologi yang akan memberikan Anda informasi secara detail.

Sesuai namanya penelitian pasar ini tentu harus dilakukan secar sistematis, mulai dari perumusan masalah, tujuan, pengumpulan data, pengolahan data, sampai hasil dari penelitian tersebut. penelitan pasar dilakukan guna memberikan masukan pada pihak manajemen dalam menjalankan fungsinya dalam bisnis. Riset pasar tentu berbeda dengan riset pemasaran. Keduanya memiliki cakupan yang sangat berbeda. Seperti yang sudah disinggung diawal bahwa riset pasar hanya mencakup target dan bagaimana mencapai target pasar tertentu. Sedangkan riset pemasaran memiliki cakupan wilayah yang sangat luas. Mulai dari strategi promosi, komunikasi pemasaraan, sampai positioning produk. Tepat, riset pasar masuk dalam ranah pembahasan dalam riset pemasaran.

Buat Anda yang mengetahui lebih dalam mengenai riset ini tentu akan menemukan titik tengah, dimana riset ini masuk dalam aspek studi kelayakan. Hal tersebut membuktikan bahwa tingkat kepentingannya amatlah tinggi. Kalau dari Anda menanyakan untuk apa dilakukan riset ini tentu tidak ada jawaban lain selian untuk mencapai apa yang sudah direncanakan. Sesuatu yang sudah direncanakan tentu akan jauh berbeda dengan sesuatu yang tidak direncanakan. Bisnis bukan ranah permainan yang ketika tidak direncanakan akan semakin mengasyikan. Bisnis adalah dunia persaingan pasar, ketika Anda tidak tahu alurnya tidak ada kesempatan untuk memenangkan permainan. Sampai disini, Anda akan sampai pada tahap dimana pengorbanan dalam bisnis diperlukan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar