Sabtu, 08 Desember 2018

Aspek - aspek Studi Kelayakan Bisnis

Untuk melakukan studi kelayakan, terlebih dahulu harus ditentukan aspek-aspek apa yang akan yang akan dikaji berkaitan dengan bisnis tersebut. Walaupun belum ada kesepakatan tentang aspek apa saja yang perlu diteliti, tetapi umumnya penelitian akan dilakukan terhadap aspek-aspek pasar, teknis, keuangan, hukum, dan ekonomi negara. Tergantung pada besar kecilnya dana yang tertanam dalam investasi tersebut, maka terkadang juga ditambah studi tentang dampak sosial.

1. Aspek Pasar
Kutub pertama dari model lingkungan bisnis adalah aspek pasar. Pengkajian aspek pasar penting dilakukan karena tidak ada proyek bisnis yang berhasil tanpa adanya permintaan atas barang atau jasa yang dihasilkan proyek tersebut. Pada dasarnya, analisis aspek pasar bertujuan antara lain untuk mengetahui berapa besar luas pasar, pertumbuhan permintaan, dan market-share dari produk bersangkutan. Analisis dapat dilakukan dengan cara deskriptif maupun inferensial, jenis data yang digunakan dapat berupa data kuantitatif maupun kualitatif.

2.Aspek Pemasaran
Pemasaran adalah kegiatan perusahanan yang bertujuan menjual barang atau jasa yang diproduksi perusahaan ke pasar. Oleh karena itu, aspek ini bertanggung jawab dalam menentukan ciri-ciri pasar yang akan dipilih. Analisis kelayakan dari apsek ini yang utama adalah hal ini :
  1. Penetuan segmen, target, dan posisi produk pada pasarnya.
  2. Kajian untuk mengetahui konsumen potensial, seperti perihal sikap, perilaku, serta kepuasaan mereka atas produk.
  3. Mentukan strategi, kebijakan, dan program pemasaran yang akan dilaksanakan.
Aspek pemasaran ini harus diperhatikan karena konsumen akan lebih memilih suatu produk yang harganya lebih murah, lokasinya yg strategis dan dengan adanya promosi dengan diskon.

3.Aspek Teknis dan Teknologi
Studi ini akan mengungkapkan kebutuhan apa yang diperlukan dan bagaimana secara teknis proses produksi akan dilaksanakan. Untuk bisnis industri manufaktur, misalnya perlu dikaji mengenai kapasitas produksi, jenis teknologi yang dipaki, pemakaian peralatan dan mesin, lokasi pabrik, dan tata letak pabrik yang paling menguntungkan.

4.Aspek Manajemen

https://konsultansurabaya.com/2018/12/06/aspek-aspek-studi-kelayakan-bisnis/


http://grapadimedan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar