Jumat, 07 Desember 2018

Aspek Studi Kelayakan

Struktur variabel-variabel yang mempengaruhi suatu studi kelayakan terdiri dari berbagai aspek, yaitu:
1. Aspek Pasar
Penelitian pasar merupakan langkah pertama dan paling penting dalam studi kelayakan. Karena faktor inilah yang menentukan apakah penelitian selanjutnya pada  bidang-bidang lain perlu dilakukan atau tidak. pada  tahap permulaan ini kita mau meneliti apakah barang atau jasa yang akan kita hasilkan ada pembelinya di pasar atau tidak, sebab sekalipun teknis barang tersebut layak dibuat, maka tiada gunanya kalau barang tersebut tidak laku di pasar, atau kalau tidak bermanfaat bagi masyarakat. Selain itu perlu diketahui apakah sudah ada barang-barang sejenis atau barang-barang pengganti di pasar. Kalau sudah ada berapa harga jualnya dan berapa marketshare­-nya. Demikian juga pertanyaan-pertanyaan lain yang berhubungan dengan pasar. Ada tiga macam orientasi pengusaha yang menjadi dasar falsafah seorang pengusaha menghadapi pasar yang mempengaruhi sikap dan orientasi seorang pengusaha untuk menghasilkan produk, yaitu:
  1. Falsafah yang berorientasi pada produksi
  2. Falsafah yang berorientasi pada penjualan
  3. Falsafah yang berorientasi pada konsumen
Falsafah yang terbaik adalah falsafah yang berorientasi pada  konsumen karena hanya produk yang sesuai dengan keinginan produsen yang dapat terjual dengan baik. pada  aspek pasar diadakan penelitian terhadap permintaan potensial, permintaan musiman, menaksir besarnya permintaan total.
2. Aspek pemasaran
Pada aspek pemasaran dibicarakan strategi pemasaran, dengan mengetahui kekuatan persaingan dari produk yang kita hasilkan dengan produk lain yang sudah ada. Keadaan persaingan dari barang atau jasa yang akan kita produksikan sangat dipengaruhi oleh market share. Untuk itu, sebelum kita dapat menaksir besarnya market share, atau bagian pasar yang kita harapkan dapat kita kuasai, maka terlebih dahulu harus dibicarakan hal-hal yang berkaitan dengan kekuatan persaingan. Faktor-faktor yang harus diperhatikan tersebut antara lain:
  1. Mutu atau kualitas
  2. Brand loyality
  3. Struktur pasar
  4. Organisasi pemasaran
  5. Promosi penjualan
  6. Harga
Dalam studi kelayakan sangat perlu mengevaluasi bagaimana harus mengatur taktik dan strategi sebelum memasuki pasaran. Tidak jarang terjadi kegagalan suatu usaha bukan disebabkan faktor-faktor teknis, tetapi karena pengusaha tidak siap dengan strategi untuk memasuki pasaran.
3. Aspek Teknik dan Teknologi
Secara sederhana aspek teknis meliputi faktor-faktor produksi langsung yang umumnya berwujud fisik. Yang termasuk dalam aspek teknis antara lain:
  1. Teknologi
  2. Tenaga kerja, termasuk kuantitas tenaga kerja, kualitas tenaga kerja.
  3. Bahan baku, termasuk kualitas bahan baku, transportasi bahan baku, jalur pangadaan bahan baku, timbulnya penggunaan lain bahan baku, faktor harga bahan baku.
  4. Faktor non ekonomis, seperti faktor alam, kebijaksanaan pemerintah dan hubungan antarnegara.
  5. Peralatan, termasuk pengadaan peralatan, layanan purna jual yang meliputi suku cadang, tenaga ahli, sarana.
Aspek teknis besar pengaruhnya terhadap kelancaran produksi, untuk itu perlu berkonsultasi dengan orang yang memiliki keahlian dalam aspek teknik untuk membuat studi kelayakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar